Kamis, 26 Mei 2016

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan yang Dapat Anda Ketahui

Sagu merupakan makana pokok masyarakat Indonesia terutama di wilayah bagian timur. Diantaranya seperti Maluku dan Irian Jaya. Segu sendiri di hasilkandari butiran batang pohon sagu atau rumbia. Pohon sagu oleh masyarakat Maluku dan Palu lebih dikenal dengan nama pohon rumbia dan banyak tumbuh di sana. Maka oleh karena itulah masyarakat Maluku lebih mengenal sagu dibandingkan dengan beras. Kandungan yang terdapat di dalam sagu sama banyaknya dengan kandungan beras. Diantaranya sagu mengandung tinggi akan karbohidrat sama seperti dengan beras. Tapi meskipun begitu sagu blebih sedikit mengandung nutrisi diantaranya mengandung 355 kalori, 0.2 protein, 10 mg kalsium, 1.2 mg zat besi, 0.5 gram serat, lemak, karoten asam karbonat dan thiamin dalam jumlah kecil.

Meskipun sagu memiliki kandungan nutrisi lebih rendah dibandingkan dengan beras. Ternyata sagu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Selain itu sagu juga memiliki sifat yang tidak mudah menjadi glukosa maka oleh karena itulah sagu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Ingin tahu apa saja manfaat sagu bagi kesehatan? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan yang Dapat Anda Ketahui

Mecegah Kanker Usus
Manfaat yang pertama dari sagu adalah mencegah resiko terhadap kanker usus. Hal ini dikarenakan sagu memiliki kandungan sifat resisten terhadap enzim dan mikrobia. Potensi pati sagu sebagai pati resisten yang dapat mencegah resiko terkena kanker usus, karena tidak di cerna oleh usus halus melainkan difermentasi oleh bakteri di kolon. Maka oleh karena itulah semakin Anda sering mengonsumsi sagu secara rutin akan membuat Anda terhindar terhadap penyakit kanker usus.

Mencegah Obesitas
Masalah obesitas sekarang ini memang tengah menjadi momok bagi semua orang. Banyak orang yang mengala masalah kelebihan berat badan atau yang sering disebut dengan obesitas. Bukan hanya orang dewasa saja tapi juga dapat dialami oleh anak-anak. Namun And tidak perlu khawatir karena masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan memanfaatkan sagu. Sagu adalah salah satu makana yang terbilang ampuh untuk mengatasi masalah berat badan. Hal ini dikarenakan sagu memilikiindeks glikemik yang rendah sehungg sangat aman jika dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan. Selain itu juga sangat aman  jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Karena memiliki indeks glikemik rendah, sagu cepat mengenyangkan dan tahan lama tapi tidak menyebabkan obesitas atau kegemukan. Ini merupakan salah satu menu diet yang menyehatkan.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Di dalam sagu mengandung tinggi kandungan fosfor yaitu sebanyak 13 mg. Seperti yang kita tahu jika seseorang mengalami kekurangan fosfor maka akan dapat menyebabkan berbagai masalah dengan kerusakan tulang dan gigi. Salah satu penyakit yang sekarang ini banyak dialami seseorang adalah osteoporosis. Tapi dengan mengonsumsi segu secara rutin akan mencukupi asupan fosfor dalam tubuh secara makasimal.

Mencegah Sembelit
Manfaat sagu yang terakhir adalah dapat mencegah sembelit. Selain dari pada itu sagu juga memiliki keistimewaan lain. Dimana sagu memiliki zat yang bisa berfungsi sebagai prebiotik yang dapat menjaga mikroflora usus, meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi risiko terjadinya kanker paru-paru, dan mempermudah buang air besar. Untuk mengimbangi kandungan gizi dari sagu yang tidak terlalu tinggi, sebaiknya olahan sagu ditambahkan bahan-bahan yang kaya akan protein dan sayur-mayur. Sebagai contohnya bubur sagu, papeda, bubur kacang hijau sagu, dan lain sebagainya.
http://tech.dbagus.com/game-rpg-offline-terbaik-untuk-pc-2016
http://tech.dbagus.com/game-hd-android-terbaik-dan-terpopuler-dari-gameloft
http://tech.dbagus.com/9-aplikasi-cari-jodoh-di-android-online
http://tech.dbagus.com/aplikasi-bermain-gitar-di-android
http://tech.dbagus.com/software-partisi-hardisk-untuk-windows
http://tech.dbagus.com/tips-memotret-landscape-fotografi
Cara mengobati vertigo tanpa obat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar